Rabu, 22 Desember 2010

CCleaner Membersihkan Sampah Tidak Berguna di Windows dan Komputer Menjadi Cepat

CCleaner adalah aplikasi gratis untuk membersihkan Windows. Aplikasi ini membuat komputer berjalan lebih cepat dengan membersihkan registry yang tidak terpakai atau rusak, file temporary, menghemat space hard-disk dengan menghapus file-file sampah yang tidak digunakan lagi. Banyak sekali kegunaannya untuk meningkatkan performa komputer. Tetapi setelah download versi terbaru dari internet dan menginstalnya, ternyata harus lebih teliti dengan settingannya, agar sesuai dengan yang diharapkan kegunaannya. Biasanya sebelum mematikan komputer saya terbiasa bersih-bersih komputer dengan CCleaner. Pada saat menghidupkan lagi komputer, daftar lagu dalam playlist WinAmp hilang semua. Awalnya saya pikir ini karena salah setting Winamp saat installasi. Install ulang ternyata playlist tetap hilang. Nah penyebabnya sepele, pada tab/opsi Applications Winamp juga tercentang (lingkaran merah). Nah pengalaman ini jadi pembelajaran, karena CCleaner versi sebelumnya tidak sampai sedetail ini. Maka kemudian saya cermati betul pada menu Windows dan Applications CCleaner, agar tidak terulang lagi.
Pada CCleaner versi terbaru ini, fitur semakin lengkap, dan sangat manjur. Registry yang sudah tidak terpakai dapat dihapus dengan sempurna (versi sebelumnya belum bisa menghapus semua), hal ini yang sangat menyenagkan, karena saya suka bongkar-pasang program untuk mencobanya.
Beberapa fungsi yang lain program CCleaner:

  • Membersihkan internet browser (Internet Explorer,Firefox, Chrome dll) dari hal-hal yang tidak berguna, cache, riwayat web, cookies dll.
  • Menghapus recycle bin, clipboard, bermacam jenis file dan log-log yang tidak perlu dalam folder system windows.
  • Membersihkan file-file temporary dan riwayat pembukaan file dari banyak aplikasi.
  • Memeriksa dan membersihkan registry windows dari bermacam-macam masalah seperti Uninstallers, File Extensions, Help File references, ActiveX Controls, ClassIDs, Shared DLLs, Fonts, Application Paths, Invalid Shortcuts dll.
Untuk lebih lengkapnya silahkan baca ini
Dari pengalaman mencoba berbagai macam tool untuk perawatan windows, CCleaner adalah yang terbaik dan paling aman digunakan, termasuk oleh pengguna komputer kelas pemula seperti saya yang masih mulai belajar. Cara penggunaannya pun relatif sangat mudah dan efisien, tinggal akses dan click! CCleaner dapat berjalan disemua Windows.
Download CCleaner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar